KPU Kota Medan Menggelar Simulasi E-Rekap

 



PUBLIK METRO_MEDAN || Dalam pelaksanaan simulasi E-Rekap yang digelar ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menyiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu TPS 31 dan TPS 32 sebagai tempat simulasi E-Rekap. Di TPS terdapat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi serta pengawas. Simulasi ini dipimpin langsung anggota KPU Kota Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair dibantu staf KPU kota Medan dan disaksikan petugas Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) seluruh kota Medan, di kantor KPU kota Medan, Sabtu (24/10).

"Ini baru uji coba , KPU masih menunggu PKPU-nya yang akan diterbitkan KPU RI  dan ini merupakan persiapan saja," ujar Komisioner Divisi Teknis M Rinaldi Khair kepada wartawan, Minggu (25/10).

Sebelumnya, Ketua KPU kota Medan Agussyah Ramadhan Damanik mengatakan KPU  sedang melakukan persiapan bimtek E-Rekap surat suara hasil pilkada dan simulasi  perhitungan surat suara dan disosialiasasikan pada jajaran PPK.

"Oleh karena itu, KPU  bersiap-siap dan ini  merupakan kebijakan nasional kemungkinan akan diterapkan pada pilkada bagi daerah yang telah siap. Simulasi ini  akan menjadi bahan evaluasi yang akhirnya akan memberikan masukan apa saja yang manjadi kekurangan dan kelebihannya. Di mana pertama E - Rekap ini berbasis IT, kedua sistim ini akan menyederhanakan perhitungan suara dengan cara kerja plano C akan di foto dan di kros cek bersama dengan petugas KPPS serta saksi Pasangan Calon (Paslon) setelah itu dikirim ke server. Banyak kegunaannya dan ini akan memutus tahapan yang panjang serta menghemat waktu," ujar Agussyah.

"Bagi penyelenggara di TPS nantinya akan mengunakan hp sistim androit dalam pelaksanaan E- Rekap. Tidak sampai di sini saja, KPU  Kota Medan akan terus-menerus  melakukan bimtek sampai tingkat PPS sehingga petugas penyelenggara benar- benar dapat menguasai pengguna Sirekap ini yang berbasis IT. Ini merupakan persiapan awal saja,"  pungkas Agussyah optimis.

Sementara itu dalam pelaksanaan simulasi E-Rekap yang digelar KPU Kota Medan telah menyiapkan dua TPS yaitu TPS 31 dan TPS 32 sebagai tempat simulasi E-Rekap. Di TPS terdapat petugas KPPS, saksi serta pengawas.
Simulasi ini dipimpin langsung anggota KPU Kota Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair dibantu  staf KPU kota Medan dan disaksikan petugas PPK seluruh kota Medan. (Rud)

Share on Google Plus

About Redaksi PublikMetro

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar