Pemko Medan Siap Dukung Simulasi Pilkada dengan Protokol Kesehatan


PUBLIK_METRO.MEDAN || Penjabat Sementara (Pjs) yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap, mengatakan pada dasarnya Pemko Medan akan mendukung penyelenggaraan Pilkada Kota Medan dengan protokol kesehatan dalam Rapat Koordinasi Panduan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan di Jalan Kejaksaan Medan, Selasa (13/10) siang.

"Mengingat simulasi ini adalah hal yang sangat penting karena sebagai bentuk uji coba sistem pemungutan dan perhitungan dengan protokol kesehatan sebelum pelaksanaan di tanggal 9 Desember 2020. Tentunya simulasi ini harus dikondisikan sebagaimana keadaan pada pelaksanaan sesungguhnya," kata Sulaiman.

Pertemuan yang juga turut dihadiri perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, perwakilan Bawaslu Kota Medan serta perwakilan Tim Sukses dari kedua pasangan calon (Paslon) Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Medan ini membahas tentang skenario pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara  dengan protokol kesehatan pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Lebih lanjut Sulaiman menjelaskan, pada 9 Desember tentunya TPS harus sudah steril dari berbagai atribut kampanye bahkan seharusnya, menurut Sulaiman, kedua Paslon juga tidak perlu dihadirkan pada simulasi tersebut. 

"Untuk menghindari penumpukan massa, karena ketika Paslon menghadiri kegiatan tentu akan banyak rombongan yang mendampingi malah nanti menjadi sorotan kepada kita yang menyelenggarakan simulasi ini. Jika kita memang betul-betul ingin menjadikan simulasi ini 99,99% mirip dengan aslinya kita jalani sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Artinya hanya perwakilan dari masing-masing Paslon yang dapat dipercaya sebagai agen sosialisasi yang dihadirkan," ungkapnya.

Menanggapai hal tersebut, Ketua KPU Medan Agusyah Damanik, "Simulasi ini penting demi kelancaran pelaksanaan Pilkada Kota Medan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Simulasi ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu (17/10) di Taman Bunga. Pada simulasi nanti kita akan benar-benar menyelenggarakan dengan se-riil mungkin. TPS nya nyata begitu juga dengan pemilihnya. Selain kita akan melihat secara langsung, nanti juga simulasi ini dapat dilihat melalui Live Streaming." Ungkap Agusyah.

Pun Sulaiman mengajak agar yang hadir secara langsung maupun yang menyaksikan melalui streaming dapat benar-benar menyimak jalannya simulasi ini agar dapat bahan evaluasi demi kesuksesan penyelenggaraan pilkada Kota Medan 2020. (Rud) 

Share on Google Plus

About Redaksi PublikMetro

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar