Rp.19 Milyar Anggaran di Dinas Koperasi UMKM Terlalu Minim.

 


Medan || publikmetro.com ||

Anggota DPRD Medan Mulia Syahputra Nasution minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan agar lebih terintegrasi menangani keberadaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Medan, dari sekitar 40.000 pelaku UMKM di kota Medan baru 33 yang mendapat pelatihan. 


"Kita belum melihat adanya  kerjasama yang terintegrasi antar OPD Pemko Medan menangani pelaku UMKM," ujar Mulia Syahputra Nasution kepada wartawan di Sibolangit, Minggu (17/7/2022).


Bahkan kata Mulia, adapun OPD yang melaksanakan kegiatan bagi pelaku UMKM belum maksimal dan kesannya sekedar serimonial dan terlaksana saja. "Begitu selesai acara tidak ada tindaklanjut pembinaan bagi kelangsungan usaha. Ini sangat kita sayangkan," ujar Mulia. 


Ditambahkan Mulia Syahputra asal politisi Gerindra itu, ke depannya Dinas Koperasi UKM Kota Medan supaya fokus menangani UMKM. Dinas ini diharapkan lebih serius melakukan pelatihan dan pembinaan. 


"Kita harapkan jangan ada lagi pelatihan di Dinas lain seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan selain Dinas Koperasi UMK. Dinas Perdagangan itu hendaknya fokus mencari market hasil produk usaha bukan melatih," sebut Mulia.


Masih menurut Mulia, Dinas Koperasi UKM untuk gencar melakukan event kreatif disetiap Kecamatan. Namun, bagi keseluruhan pelaku usaha tetap mendapat pembinaan sehingga pelaku usaha dapat meningkat naik kelas.


Disampaikan Mulia yang duduk di Komisi III DPRD Medan  membidangi ekonomi itu, pihaknya konsen memperhatikan peningkatan pelaku UMKM di Medan. Hal itu tambah Mulia, komisi III mengusulkan  alokasi anggaran di Dinas Koperasi UMKM Kota Medan. Rp.19 Miliar di Dinas Koperasi UMKM Tahun 2022 terlalu minim.


Akan kita usulkan di APBD 2022 dan APBD tahun 2023 supaya ditambah, akan kita perjuangkan demi kesejahteraan pelaku UMKM Kotan, ujar Mulia.(pm rud)

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar