Tim Pengabdian Universitas Dharmawangsa Bentuk POKTAN Di Desa Celawan




Publik Metro /
Kelompok tani merupakan sekumpulan orang dewasa yang berprofesi sebagai petani dan terikat secara formal dalam wilayah yang berdasarkan kebutuhan bersama dan keserasian antara anggotanya. Hubungan ini bersifat internal, dengan ditandainya pertemuan antar anggota di setiap bulannya dan mementingkan kepentingan bersama.

Hal ini disampaikan oleh ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat Internal Universitas Dharmawangsa, Jhon Simon, S.Sos, M.Si saat berkunjung di Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, para petani sering kali dipermainkan, sehingga mereka tidak mendapatkan apa yang semestinya mereka peroleh.
Kasihan, mereka (petani-red) sering dipermainkan, terutama terhadap tengkulak, makanya kita menawarkan kepada petani untuk membentuk kelompok tani. Untuk percontohan, kita bentuk kelompok tani di Dusun V, Desa Celawan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, dengan harapan, kedepannya semua dusun di Desa Celawan ini bisa terbentuk kelompok taninya, ujar Jhon Simon, S.Sos, M.Si, yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I di Universitas Dharmawangsa ini.

Selain membentuk kelompok tani, tim Pengabdian kepada Masyarakat Internal Universitas Dharmawangsa, juga membantu menyiapkan anggaran dasar dan anggaran rumah (AD/ART) nya, sehingga kelompok tani yang dibentuk nantinya sudah berkekuatan hukum, sehingga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, tambahnya.
Masih menurut Jhon Simon, tim ini juga mencoba membantu cara memasarkan produk.

Tak jarang, hasil panen bagus, namun kesulitan dalam pemasarannya, nah, celah ini lah yang disusupi oleh para tengkulak untuk mengacaukan harga jual, makanya kita juga mencoba melakukan pembinaan, agar nantinya bisa diolah dan dikemas lebih menarik sebelum dipasarkan dan nantinya kita juga akan melibatkan mahasiswa Dharmawangsa untuk bisa membantu memasarkannya.

Kelompok tani di Dusun V, Desa Celawan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai dibentuk dengan harapan bisa menjadi wadah dalam kegiatan dibidang pertanian khususnya petani padi.

Selain Jhon Simon, S.Sos, M.Si, turut hadir pada acara Pembentukan Kelompok Tani dan Pemasaran Hasil Pertanian Masyarakat yang diinisiasi oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat Internal Universitas Dharmawangsa ini, Dra. Hj. Farida Hanum Nasution, M.AP (anggota tim), Aswan Hasoloan, S.Sos, M.Si (anggota tim), Dekan Fisip, Dr. Kariaman Sinaga, S.Sos, MAP (Reviewer), Tuhadi (Kepala Desa Celawan), Kusmawati (Sekdes), Supian (Kadus V), Pak supardi (Ketua Kelompok Tani Dusun V) dan puluhan masyarakat. (red.)
Share on Google Plus

About Anonim

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar